Cara Mudah Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu

Cara Mudah Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu

 

Terdapat sebagian type Batu Permata yg begitu disukai beberapa pemburu batu, yakni Berlian, Jambrut, Mira, Mata Kucing, serta Safir. Di samping beberapa jenis itu ada banyak juga yg disukai orang.

Langkah Simpel untuk Membedakan Batu Permata Asli serta Palsu

Buat mereka yg ingin beli dgn harga tinggi dikarenakan oleh banyak hal, umpamanya suka pada warnanya, kemurniannya, jenisnya, besarnya, langkanya, sternya (cahaya yg bergerak-gerak di batunya), namun ada juga orang yg menggunakannya lantaran batunya dirasa membawa rezeki/hoki, menyehatkan badannya, menyebabkan rasa sayg dari orang lain, dsb.

Dari demikian banyak harga batu mulia yg diperjual belikan, tentu ada saja yg coba mencari keuntungan tinggi dgn jual batu permata palsu. Kadang-kadang sedikit susah membedakan batu permata asli dengan yang palsu.

Berikut ini sebagian Langkah untuk Membedakan Batu Permata Asli serta Palsu. Mutiara yg mengedar di market begitu bermacam. Ada yg di jual murah, mahal, imitasi sampai asli. Mutiara asli biasanya, mempunyai berat, sedang yg palsu relatif begitu enteng.

Untuk memperoleh mutiara asli, langkah yg paling gampang yakni menggigit mutiara itu sekuat-kuatnya. Bila tdk ada pergantian seperti mengelupas atau pecah jadi bisa di pastikan mutiara itu asli atau supaya lebih meyakini lagi belilah mutiara di toko yg dapat diakui menanggung keasliannya.

Terkecuali mutiara, mulai sejak lama beragam batu permata juga dipakai untuk meramaikan jenis anting-anting, seperti kecubung, pirus, akik serta jasper yang diikat dengan emas serta perak. (Baca Artikel : Sistem Endapan Tambang Emas)

Testing batu permata degan meneteskan air di permukaannya bukanlah cara baku. Tetesan air itu tdk bakal pecah, baik pada batu permata mirah siam sintetis atau asli.

Aspek yg memengaruhi salah satunya kekerasan batuan (hubungannya dgn porositas serta permeabilitas), bentuk permukaan cembung atau rata serta kwalitas pemolesan seperti type quartz family minerals dan glassy basalt yg bisa menahan tetesan air seperti mirah delima.

Testing berlian dapat dikerjakan dgn diamond tester namun tdk 100 % benar. Testing dgn menggesek di alas berwarna belum pasti menanggung.

Beberapa warna yg nampak mungkin saja warna spektrum yg adalah ciri khas dari gelas atau sintetis. Testing berlian umumnya dgn cara kekerasan namun tanpa ada mengakibatkan kerusakan, indeks refraksi (refractometer), fluoresen, berat type, kilap, inklusi mineral serta lain-lainnya.

Langkah tersebut begitu ampuh dalam membedakan batu permata asli serta sintetis atau imitasi seperti giok, opal atau kalimaya. Di samping pirus serta batu permata yang lain. Biasanya juga dijadikan sebagai cincin tunangan

Harga mahal tdk menanggung kalau batu permata itu asli, lantaran seUntukan batu permata belum ada standard baku untuk harga nya terkecuali berlian atau intan.

Untuk tahu batu permata Asli atau palsu ada beragam jenis langkah, ada 4 Langkah Simpel untuk Membedakan Batu Permata Asli serta Palsu dikerjakan.

1. Urat-urat alam yang terlihat,

yakni tanda-tanda kusus yang tanpak pada batu permata umpamanya urat seperti sidik jari pada safir atau Ruby, Penomena yang ada seperti cat eye pada Alexandrite dan star pada safir atau ruby. Pakai kaca pembesar bila dibutuhkan.

2. Kekerasan batu Permata.

Batu permata sudah diklasifikasikan berdasar pada kerasnya dalam skla Mohs. Langkah pengujiannya dengan hardness point set pensil atau umum dimaksud jarum uji permata.

3. Berat Macamnya.

Tiap-tiap batu permata memiliki berat type, Untuk menguji berat type batu pakai timbangan air. Berat type yaitu berat batu itu dibagi volumenya.

4. Indeks Bias atau Pemantulan Cahaya.
Cari indeks biasnya untuk memastikan keaslian batu permata, pakai refraktometer.

Tersebut beberapa langkah yang butuh dikerjakan untuk memastikan keaslian dari batu permata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *