Ini dia perbedaan hak paten, hak merek dan hak cipta

Ini dia perbedaan hak paten, hak merek dan hak cipta

 Ini Beda Hak Merek, Hak Cipta, dan Hak Paten

Apakah pembaca sekalian masih bingung dengan istilah hak merek, hak cipta dan hak paten? Apakah semua istilah tersebut sama atau berbeda?

Nah, pada tulisan kali ini kami ingin menjelaskan kepada anda semua sehingga kita bisa memahami dengan baik dan benar tentang perbedaan dan persamaan dari ketiga istilah tersebut.

Jika kita lihat dari sisi hukum, ketiga istilah tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk melindungi hak kekayaaan intelektual (HAKI) yang dimiliki oleh seseorang/lemgaba/perusahaan tertentu. Hanya saja, masing-masing melindungi bagian yang berbeda.

Bahkan masing-masingnya diatur oleh undang-undang yang berbeda-beda pula. Untuk Hak Paten diatur melalui UU No.14/2011 tentang Paten.

Hak Merek diatur menggunakan UU No. 15/2001 tentang Merek dan Hak Cipta diatur menggunakan UU No.28/2014. Jika anda ingin tahu lebih jauh tentang isi dari masing-masing undang-undang tersebut silahkan langsung googling saja.

Lalu apa saja yang lindungi oleh masing-masing undang-undang tersebut?

Undang-undang No. 15/2001 tentang Hak merek digunakan untuk melindungi merek itu secara langsung. Baik barang maupun jasa. Sedangkan Undang-Undang No. 14/2011 tentang Hak Paten digunakan untuk mengakui semua temuan yang ditemukan oleh perusahaan/perseorangan dan diaplikasikan dalam industry tertentu.

Sedangkan Undang-undang No.28/2014 Tentang Hak Cipta digunakan untuk melindungi dan memberikan hak eklusif pada seseorang atas suatu karya/ciptaan. Baik dilihat dari sisi moral maupun ekonomi. Yang sudah diterbitkan dan bahkan yang belum diterbitkan sama sekali.

Misalnya :

Anda tahu Facebook? Ya pasti tahulah ya. Nah, logo facebook facebook yang didominasi dengan warna biru itu adalah milik facebook. Mungkin beberapa produknya yang lain. Nah, logo facebook tersebut dinamakan dengan merek.

Kemudian facebook mengembangkan produk baru berupa algoritma yang mengatur tentang periklanan di facebook. Untuk melindung algoritma ini dari upaya duplikasi maka facebook mendaftarkannya menjadi hak paten.

Kami harap, sampai disini anda sudah mengerti apa itu hak paten, hak cipta dan hak merek. Jika anda ingin tahu lebih jauh tentang hak paten serta tat acara pendaftaran merek, silahkan lihat dan tanyakan langsung di website berikut : http://www.hakpatenmerk.com (Website Hak Paten dan Pendaftaran Merek)

Namun, jika anda ingin mendaftarkan merek, hak paten serta hak cipta sendiri. Anda bisa langsung mengurusnya di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Pengurusan untuk saat ini jauh lebih cepat dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *