Tips singkat membuat surat lamaran kerja

contoh surat lamaran kerja

Tips membuat surat lamaran kerja untuk pemula

Sama seperti fresh graduate yang lainnya, tentu anda ingin segera mendapatkan pekerjaan setelah berhasil menamatkan kuliah dengan susah payah. Berbagai motivasi seseorang ketika mendaftar di bangku kuliah, salah satunya adalah agar bisa mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

Nah, bagi anda yang sedang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan berkelas, mungkin panduan membuat lamaran kerja berikut ini bisa membantu anda, kami juga menyertakan contoh surat lamaran kerja untuk memudahkan anda dalam membuatnya.. Karena, ternyata lamaran kerja yang anda ajukan sangat besar pengaruhnya apakah anda akan diterima atau tidak.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat lamaran kerja yang menurut kami banyak digunakan oleh pelamar-pelamar pada perusahaan besar:

Pastikan anda membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan yang membuka lowogan pekerjaan, sehingga hal itu bisa anda gunakan sebagai bahan ketika membuat surat lamaran nantinya.

Anda juga harus memastikan surat lamaran pekerjaan yang anda buat mampu mendeskripsikan potensi yang anda miliki. Baik kepribadian, motivasi serta skill yang anda miliki. Semakin detail semakin bagus.

Hati-hati ketika menjelaskan keunggulan diri anda. Jangan sampai bagian ini dinilai sebagai bagian menyombongkan diri anda oleh perusahaan. Artinya, tetap memposisikan diri anda pada sisi yang mengajukan permohonan.

Baca juga : Perbedaan Hak Paten, Merek dan hak cipta

Selalu menggunakan bahasa baku saat menulis surat lamaran kerja anda, jangan sampai terselipkan bahasa tidak baku. Baik bahasa gaul maupun bahasa daerah.

Sampaikan maksud lamaran kerja anda dengan baik, sopan, singkat, jelas dan semenarik mungkin. Sehingga mendorong penerima lamaran kerja anda untuk membaca secara detail dan tuntas.

Jangan sampai salah menulis nama, gelar serta jabatan dari orang yang anda tuju, termasuk nama perusahaan yang anda ajukan surat lamaran kesana.

Gunakan media untuk menulis surat lamaran adalah media yang bersih dan bagus, baik lamaran tulis tangan maupun ketik. Untuk surat yang ditulis tangan, jangan sampai ada coretan, tipe x dan lain sebagainya. Ini penting sekali untuk anda perhatikan.

Setelah anda selesai menulis surat lamaran, kami sarankan untuk membacanya kembali hingga beberapa kali dengan jeda beberapa menit setiap ingin membaca ulang. Ini dilakukan agar anda tidak melakukan kesalahan yang membuat usaha anda melamar pekerjaan menjadi gagal.

Khusus bagi anda yang masih relatif baru dalam menulis surat lamaran, kami menemukan website yang menyediakan contoh surat lamaran kerja untuk yang masih pemula. Kayaknya contoh surat lamaran kerja yang diberikan bagus sekali. Bisa anda contoh dan modifikasi atau anda tiru plek aja. Atau anda juga bisa mempelajari surat lamaran kerja tulis tangan website Yukmenulis.com. Menurut kami cukup bagus untuk dijadikan sebagai referensi ketika membuat surat lamaran kerja anda.

Itulah beberapa tips menulis surat lamaran kerja dari kami, mudah-mudahan dengan mengikuti tis singkat ini anda bisa membuat surat lamaran yang bagus, menarik dan sekaligus membuat anda diterima diperusahaan yang anda idamkan.

Jangan lupa untuk membagikan tips membuat lamaran kerja ini kepada teman-teman sejawat anda, siapa tahu mereka juga lagi bingung cara membuat surat lamaran kerja. Sama kayak anda