Penyebab penyakit jantung

Penyebab penyakit jantung

 

Penyebabnya paling utama penyakit jantung koroner yaitu penumpukan lemak dalam arteri atau aterosklerosis. Terkecuali bisa kurangi supply darah ke jantung, aterosklerosis dapat juga menyebabkan terbentuknya trombosis atau penggumpalan darah. Pengumpalan darah ini memblokir supply darah ke jantung. Jadi, orang yang menanggung derita angina, lebih rawan terserang serangan jantung.  Dengan informasi ini anda jadi tahu apa saja gejala penyakit jantung sehingga bisa mengatasinya sejak awal

Terdapat banyak aspek yang bisa tingkatkan resiko penyakit jantung, yakni :

Rutinitas Merokok

Perokok mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung. Karbon monoksida dalam asap rokok serta kandungan nikotin pada rokok bisa tingkatkan resiko timbulnya gumpalan darah dan meningkatkan jantung untuk bekerja lebih cepat hingga bakal semakin membebani jantung. Senyawa kimia lain dari asap rokok dapat juga mengakibatkan kerusakan dinding arteri jantung yang bakal menyebabkan terjadinya penyempitan. Perokok memiliki resiko 20-25 % lebih tinggi untuk menanggung derita penyakit jantung dibanding mereka yg tidak merokok sekalipun.

Pola Hidup yang Buruk

Resiko penyakit jantung dapat juga bertambah akibat gaya hidup yg tidak sehat. Umpamanya kurang olahraga, kerap konsumsi makanan berlemak, serta tidak sering konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika anda malas makan sayur, maka ini menjadi indikasi pertama mengalami penyakit jantung

Kandungan Cholesterol yang Tinggi

Cholesterol terdiri dari dua type, yakni cholesterol baik (HDL) serta cholesterol jahat (LDL). Cholesterol jahat gampang menggumpal serta melekat pada dinding pembuluh darah. Karenanya, kandungan LDL yang tinggi bisa membuat plak yang mengakibatkan aterosklerosis. Kandungan LDL yang normal dalam darah yaitu dibawah 100 mg/dL.

Hipertensi

Anda bakal dikira menderita hipertensi atau desakan darah tinggi bila desakan darah Anda diatas 140/90 mmHg. Desakan darah yang tinggi bermakna jantung bekerja lebih keras hingga jantung serta pembuluh darah semakin lebih terbebani. Satu diantara aspek penyebab hipertensi yaitu mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang tinggi.
Penyakit Diabetes

Diabetes bisa mengakibatkan penebalan pada dinding pembuluh darah hingga punya potensi menghalangi aliran darah. Karenanya, pasien diabetes mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung.

Keunggulan Berat Tubuh

Orang yang keunggulan berat tubuh atau alami obesitas punya potensi menderita desakan darah tinggi, condong mempunyai kandungan cholesterol yang lebih tinggi, dan lebih berisiko terserang diabetes type 2. Karenanya, mereka juga mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung. Diluar itu, untuk penuhi keperluan badan dengan berat yang tinggi, jantung mesti bekerja lebih keras dibanding bila badan berberat tubuh ideal.
Aspek Usia

Semakin tua umur seorang, semakin tinggi resikonya untuk menderita penyakit jantung.

Type Kelamin

Dibanding wanita, pria mempunyai resiko lebih tinggi untuk menderita penyakit jantung. Namun butuh diingat kalau resiko penyakit jantung pada wanita semakin lebih tinggi sesudah alami menopause.
Kisah Kesehatan Keluarga

Bila mempunyai keluarga inti seperti bapak, ibu, adik, atau kakak yang menderita penyakit jantung, resiko Anda untuk terserang penyakit jantung semakin lebih tinggi dibanding orang yg tidak mempunyai kisah penyakit jantung dalam keluarganya.

Kami juga ingin mengingatkan agar anda mengenali ciri-ciri penyakit jantung sejak dini. Sehingga anda bisa menghindari dampak buruknya jauh-jauh hari sebelum kondisi terburuk menimpa anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *